Tutorial menjalankan project Unity3D serta membuat Debug dan UI menggunakan OnGUI sederhana
Salam sejahtera untuk semuanya, kali ini saya akan membagikan tutorial OnGUI di unity.
Pertemuan kedua ini kita disuguhkan praktek Debug dan UI menggunakan OnGUI pada Unity dalam mata kuliah pemograman permainan.
Cara melakukan debug menggunakan OnGUI adalah:
1.
Pertemuan kedua ini kita disuguhkan praktek Debug dan UI menggunakan OnGUI pada Unity dalam mata kuliah pemograman permainan.
Cara melakukan debug menggunakan OnGUI adalah:
1.
Buatlah folder dengan menggunakan klik kanan pada asset lalu klik create>folder.
2.
Double klik pada folder dan klik kanan create>c#script untuk membuat file scriptnya.
3.
Buka file scriptnya.
4.
Ketik source code Debug.Log("hello world") seperti pada gambar, lalu save file.
5.
Drag file script ke main camera pada hirarcy. Sehingga kita bisa melihat apakah file tersebut bisa dijalankan atau tidak.
6.
Setelah di drag, save scene dengan ctrl+s agar terjadi perubahan.
7.
Klik yang dilingkari merah, agar kita bisa lihat apakah source code bisa bekerja atau tidak.
8.
Hasilnya akan keluar seperti ini. Jika tidak keluar seperti ini, cek kembali codingannya.
9.
Buka kembali file scriptnya dan rubah seperti pada gambar.
10.
Maka outputnya akan menghasilkan textbox pada inspect main camera, ketika kita ketik maka debug log akan terus menampilkan.
11.
Selanjutnya kita buka kembali file script dan mengubah seperti pada di gambar.
void OnGUI(){
GUILayout.BeginArea(new Rect(10,10,200,200));
GUILayout.Label(myText);
GUILayout.EndArea();
}
fungsi ini akan membuat menampilkan apa yang kita ketik pada textbox ke dalam scenenya.
12.
Maka hasil outputnya akan seperti pada di gambar. Karena ada fungsi dari OnGUI pada source code.
Terima Kasih telah membaca Tutorial menjalankan project Unity3D serta membuat Debug dan UI menggunakan OnGUI sederhana. Maaf jika ada yang kurang dalam penjelasan saya.












Comments
Post a Comment